Popular Post

Minggu, 29 Januari 2012

   Bagi sebagian orang, berbicara di muka umum bukanlah hal yang mudah. Bagi mereka yang tidak biasa berbicara di muka umum pasti akan gugup atau grogi..
reaksi berikutnya biasanya tangan gemetar, keringat dingin, jantung berdetak kencang dan aktu terasa lama.

Inilah beberapa tips mengatasi grogi tersebut :
1.Mempersiapkan mental
Inilah modal awal agar sukses bicara dimuka umum. Caranya dengan istirahat dan tidur yang cukup menjelang waktu berbicara di muka umum, melakukan relaksasi atau senam ringan untuk menurunkan ketegangan mental dan mengantisipasi kelelahan, misalnya dengan cara memegan ujung kaki sambil berdiri membungkuk selama beberapa detik, menarik napas yang panjang dan dalam serta menahannya beberapa detik, kemudian mengeluarkan napas pelan-pelan, juga minum segelas air putih untuk mempersiapkan vokal.
Khusus untuk mengatasi kaki yang gemetaran, usahakan pada saat tampil anda bergerak, anda dapat menyiasatinya dengan berjalan menuju white board untuk menulis atau menuju hadirin untuk berdialog.
2. Kuasai materi
Yups benar sekali, banyak orang yang grogi berbicara dimuka umum karena mereka gak mengusai materi. Dengan mengusai materi kita akan jauh lebih siap dan percaya diri saat berbicara (anggap diri kita yang lebih pintar).
3. Berpikir Positif
Saatnya merevolusi hidupmu rusak pola perasaan grogi yang negatif dengan katakan pada dirimu bahwa berbicara depan orang banyak itu mudah, buat pertanyaan apa ruginya kalo kita grogi? apa nikmatnya bila kita bisa mengusai panggung dan berbicara dengan lantang dan penuh semangat?. Rasakan perasaan ini resapi, bantu dengan gerakan penuh semangat kalo perlu masuk kamar mandi dulu lompatlah gengam tanganmu dan katakn aku bisa,akau bisa!
4.Pahami Audien Anda
Siapa yang ingin Anda ajak komunikasi? Orang tua, dewasa, remaja atau anak-anak. Biasanya orang yang merasa grogi karena mereka merasa berada “diluar” kelompok audien. Mereka tidak bisa masuk ke dalam dunia audien.
5. Berlatih dan berlatih
Seorang pembicara hampir sama dengan penerbang (pilot). Makin tinggi jam terbangnya, makin mulus pula take off dan landing serta semakin pintar dalam menghadapi setiap krisis yang timbul. Demikian juga dengan seorang pembicara, makin sering ia latihan dan tampil, makin mahir ia berbicara, bertindak, dan bersikap.
Milikilah keyakinan yang benar bahwa persentasi atau berbicara didepan umum itu mudah bila tau caranya . semua itu butuh proses dan latihan yang penting yakin dulu aja milikilah keyakinan bahwa berbicara didepan umum itu mudah, gampang, karena kita yang lebih tau dari mereka, karena kita lebih berani berbicara dari pada mereka yang hanya duduk didepan mendengarkan. semua itu mudah kalo kita anggap mudah, so ngapain grogi dan gugup gak ada gunanya kawan !
6. Jangan lupa untuk berdoa
Sebelum berbicara di depan umum agar tidak grogi, tidak nervous, dan sukses. Janganlah lupa untuk berdoa, karena dengan doa seseorang dapat menghilangkan rasa gugupnya.

- Copyright © 2013 ....:|| Rizqy Fadholi ||:.... - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -