Popular Post

Kamis, 26 April 2012

  Gejala flu menjadi ancaman yang banyak menyiksa teman-teman kita di kala pergantian musim saat ini. Gejala flu biasany ditandai dengan hidung berlendir, tersumbut, demam, badan pegal dan nyeri otot. Jangan terburu-buru beralih minum obat, lakukan pencegahan tradisional alami dengan metode ampuh.

Berbagai situs di internet menampilkan kulasan menarik tips mudah mengatasi flu dengan gaya penulisan dan bahasan yang berbeda. Dalam posting kali ini akan mengulas tips mudah mengatasi flu sebagai berikut.

Menurut Charles B. Inlander, President of The People’s Medical Society ada beberapa tips mudah mengatasi flu, diantara :
  Tiup Hidung
Hidung tersumbat sangat menyiksa, rasanya ingin membuat gerakan menarik ingus hidung agar bisa plong. Dalam ilmu kesehatan, rasa plong bukanlah baik, karena justru memperburuk sakit dan beresiko membut lendir masuk ke paru-paru. Sebaiknya hidari kebiasaan tersebut dengan menganti gerakan meniup dengan hidung agar ingus bisa keluar. Caranya dengan menerapkan tekan satu lubang hidung lalu tiup sisi satunya hingga ingus bersih.
  Beristirahat
Perlu anda tahu para pembaca blogiztic, flu menyerang saat daya tahan tubuh anda lemah. Berbaring dan tidur di balik selimut ternyat mempunyai khasiat sebagai obat penyegar tubuh dikala anda sedang lemas.
  Kumur
Biasakan berkumur dengan menggunakan air hangat dengan menambahkan rambuah herbal seperti garam mineral, teh raspberry, cuka apel, sage, jahe, dan kunyit dapat melegakan otot tenggorokan.
  Minum cairan hangat
Cairan hangat cukup membantu meredakan hidung tersumbat, membantu mencegah dehidrasi, dan dapat menenangkan membran hidung dan tenggorokan yang mengalami peradanggan. Uap yang dirilis minuman hangat membantu mengencerkan lendir.
  Penguapan
Salah satu cara tradisional untuk mencegah dan mengatasi flu adalah dengan penguapan atau steam. Masukkan air panas ke baskom lalu dekatkan wajah sambil memerangkap uap dengan handuk yang tersampir di kepala. Agar hasilnya lebih efektif, campur dengan rempah yang melegakan hidung dan tenggorokan, seperti minyak eucalyptus, kunyit, dan jahe.
  Hirup mentol
Oleskan balsam, minyak kayu putih atau salep bermentol di dekat lubang hidung. Selain membuat plong hidung yang tersumbat, ini juga membantu mencegah iritasi kulit di sekitar lubang hidung.
  Bantal tinggi
Ketika tidur, biasakan selalu menjaga kepala dalam posisi lebih tinggi dari bagian dada. Ini untuk mengurangi pembentukan lendir. Cara terbaik adalah tidur dengan bantal dobel dan wajah menghadap langit-langit.
  Hirup bawang
Mencium potongan bawang cukup efektif untuk mengatasi hidung tersumbat. Bawang bertindak sebagai katalis untuk mengeluarkan cairan dan membersihkan hidung. Dekatkan potongan bawang di bawah hidung selama sekitar lima menit.
  Makanan pedas
Bahan kimia Capsaicin yang ditemukan dalam lada atau cabai dapat membantu membersihkan rongga hidung. Saat flu menyerang, coba santap sup hangat dengan taburan lada, atau makanan mengandung kuah pedas.

     Sumber : www.blogiztic.net kami mohon ijin untuk copas ReZHoA

- Copyright © 2013 ....:|| Rizqy Fadholi ||:.... - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -